HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN I
HALAMAN PENGESAHAN II
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR TABEL
DAFTAR
LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Menjelaskan
tentang alasan pemilihan judul
B.
Pokok Masalah
Menyebutkan
permasalahan yang dihadapi dan merupakan masalah pokok.
C.
Metode Pengumpulan Data
-
Pengumpulan data primer dengan pengamatan langsung
maupun dokumentasi
-
Pengumpulan
data sekunder bersumber pada literatur
D.
Pengertian dan Lingkup Bahasan
Menjelaskan pengertian dari judul dan
memberikan batasan mengenai masalah pokok.
E.
Alur Pikir
Menyajikan uraian singkat dan jelas dalam
bentuk gambar/bagan.
F.
Sistematika Penulisan
Berisikan
uraian singkat dan jelas tentang garis besar sajian setiap bab.
BAB II KEADAAN SEKARANG
A.
Gambaran Umum
1. Visi, Misi Unit Kerja
2.
Tugas Pokok, Uraian Tugas Unit Kerja Peserta (Eselon
IV)
Menyajikan struktur tugas dan fungsi organisasi pada Instansi.
Jelaskan/uraikan capaian kinerja saat ini dengan sumber
organisasi (6 M yakni : man, money, machine, material, method, & market)
B.
Gambaran Khusus
1.
Program
Kegiatan yang bermasalah yang perlu ditingkatkan kinerjanya secara deskriptif.
Memuat
pemecahan masalah yang telah atau sedang berlangsung tetapi belum membawa hasil
seperti yang diharapkan sehingga perlu diadakan peningkatan upaya pemecahan
masalah sesuai dengan tugas dan fungsi tanggungjawab dan wewenang penulis.
2.
Gambaran
Pencapaian Tingkat Kinerja Saat ini (Terukur disertai Indikator kalau ada atau
dari lapotan tahunan)
BAB III KEADAAN YANG DIINGINKAN
A.
Gambaran Umum
Sasaran, Kebijakan operasional, Program dan
Kegiatan yang tingkat Kinerjanya Ingin Ditingkatkan
Menyajikan
gambaran umum secara kualitatif upaya pemecahan masalah yang seharusnya di masa
yang akan datang.
B.
Gambaran Khusus
Memilih dan Menetapkan Program dan Kegiatan
yang Ingin ditingkatkan Kinerjanya
Kerangka Pengukuran dan Indikator Kinerja
yang Ingin Dipergunakan
Menyajikan gambaran terinci secara kualitatif/kuantitatif
dalam gambaran umum.
BAB IV MASALAH YANG DIHADAPI DAN PEMECAHANNYA
A.
Identifikasi dan Analisis Masalah
Mengemukakan
pokok masalah dan penyebabnya, yang kemudian digambarkan pohon masalah, pohon
sasaran dan pohon alternatif.
Tuliskan permasalahan yang
dihadapi dengan logika sebab akibat secara naratif. Kemudian dengan menggunakan
pertimbangan ” professional judgement” atau berdasarkan alat manajemen
tertentu misalnya USG, Pareto dll, tetapkanlah prioritasnya.
Langkah selanjutnya adalah membuat pohon masalah dengan sekuens seperti pada PKT tetapi tidak perlu diberi keterangan: pernyataan
negatif, masalah pokok dll.
B.
Sasaran yang akan Dicapai
Memuat
rencana pelaksanaan yang meliputi sasaran dan kegiatan serta langkah-langkah pelaksanaan
Pola Kerja Terpadu (PKT).
C.
Alternatif Pemecahan Masalah
D.
Langkah-langkah Tindakan yang Diambil
BAB V KESIMPULAN
Intinya menjawab judul dan upaya pemecahan masalah.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1. Struktur Organisasi Instansi
2. Deskripsi Tugas Pokok dan Fungsi Instansi
3. Formulir Pengajuan Judul KKP
4. Daftar Riwayat Hidup
5. Peta Lokasi
6. Foto
5.dll.
DAFTAR RIWAYAT
HIDUP
A.
IDENTITAS PRIBADI
1. Nama Lengkap :
2. NIP :
3.
Tempat/Tanggal Lahir :
4.
Alamat Rumah :
5.
Instansi :
6.
Pangkat/Golongan :
7.
Jabatan :
B.
PENDIDIKAN
FORMAL
1.
SD : Lulus
tahun …….
2.
SMP : Lulus
tahun …….
3.
SMA : Lulus
tahun ……
4.
Sarjana : Lulus
tahun ……
- dst.
C.
PENDIDIKAN
DAN PELATIHAN
- Diklat
Tenis ………………., Diselenggarakan……………., tanggal …….
- …………………………………………..
- dst.
D.
RIWAYAT
PEKERJAAN
1.
CPNS di ………………… 1987
2.
PNS di …………………… 1989
3. Staff …………di …………… ……..
4. Kepala …………………………….. …… - ……
5. dst.
E.
KELUARGA
1. Nama Isteri :
Pekerjaan
2. Nama Anak :
Sekolah
Contoh: Formulir Pengajuan Judul KKP
PEMERINTAH KABUPATEN
JEMBRANA
BADAN KEPEGAWAIAN
DAERAH
Alamat : jalan Sorapati No. 01 Negara
|
PENGAJUAN
JUDUL
KERTAS
KERJA PERORANGAN (KKP)
PENDIDIKAN
DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT IV
ANGKATAN
: ……
N
a m a
|
:
|
||
N
I P
|
:
|
||
Jabatan
|
:
|
||
Instansi
|
:
|
||
Nomor
Absen
|
:
|
…../Diklatpim
IV/…../200...
|
JUDUL KKP
RENCANA KERJA PENINGKATAN KINERJA
………………………………………………………………………………………
|
Menyetujui,
Pembimbing,
………………….
NIP……………..
|
Negara, ………………
Yang
Mengajukan,
………………….
NIP……………..
|
||
Mengesahkan :
a.n. Kepala Badan Diklat Provinsi Bali
Kepala Bidang
Diklat ………..
………………….
NIP……………..
|
|||
SEMINAR KERTAS KERJA PERORANGAN
DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV
I.
Urutan Presentasi Seminar
- Dibagi secara urut sesuai urutan no.
absen.
- Buat tabel dengan tugas atau perannya
dalam proses seminar.
- Nama-nama di dalam tabel ditulis nama lengkap sesuai daftar absen.
- Daftar tabel ini digandakan untuk
pembimbing dan sejumlah peserta.
NO.
|
PENYAJI
|
MODERATOR
|
PEMBAHAS I
|
PEMBAHAS II
|
1.
|
1
|
3
|
4
|
5
|
2.
|
2
|
4
|
5
|
6
|
3.
|
3
|
5
|
6
|
7
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
10.
|
10
|
2
|
3
|
4
|
II.
Jumlah KKP yang Diperlukan untuk Seminar
- 4 buah, untuk Nara Sumber (Pembimbing),
Pembahas I, Pembahas II, dan Penyaji
- KKP tidak boleh di staples/dijilid, cukup pakai alat penjepit saja.
III.
Waktu
- Waktu diatur oleh moderator.
- Total waktu penyajian maksimal 20 menit;
dengan perincian:
o
Penyaji
10 menit.
o
Pembahas
I dan II masing masing 5 menit.
o
Klarifikasi
dari penyaji 5 menit.
o
Floor
dan Nara Sumber apabila waktu masih ada dan dimungkinkan memerlukan pembahasan
lebih lanjut.
IV.
Peralatan Penyajian
- Over Head Projector (OHP).
- Over Head Transparant (OHT/ Plastik
Transparan untuk OHP).
- LCD; dengan catatan yang memakai LCD
penyajiannya dibuat berurutan dan file sudah jadi satu dalam lap top yang sama, serta sehari
sebelumnya lapor kepada panitia mohon disediakan LCD.
V.
Hal-hal yang Dipresentasikan
- Rangkuman isi KKP yang dibuat dalam
pointer-pointer, tabel, dan gambar.
- Dengan materi sebagai berikut;
1. Judul KKP (menerangkan tupoksi, isu
aktual, dan latar belakang).
2. Alur
Pikir
3. Pohon
Masalah
4. Pohon
Sasaran
5. Pohon
Alternatif
6. Matrik Rincian Kerja
7. Contoh 1 buah Paket Kerja
8. Rekapitulasi Biaya
9. Kesimpulan
VI.
Ketentuan-ketentuan dalam seminar ini
sebagai acuan persiapan yang dapat dikembangkan lebih lanjut oleh pembimbing
masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar